Tips Memilih Domain

tips memilih domain

Domain adalah seperti rumah kita di dunia internet. Bisa juga digunakan untuk nama merk/brand, sehingga jangan sekali-kali ngasal dalam memilih domain name.
Apabila hanya asal pilih, nanti suatu saat Anda akan menyesalinya, saat domain/website Anda sudah terkenal, lalu Anda merasa kurang sreg dengan domain Anda, pasti bisa membuat Anda bingung apabila mau mengganti domain/pindah domain name. Karena ini berpengaruh juga pada posisi di halaman pencarian Google nantinya.
Maka dari itu, mulai awal silakan memilih domain dengan saksama. Maskipun nanti Anda membuat website gratis disini, namun apa salahnya jika Anda mempraktekkan tips memilih domain ini?

Untuk website/blog pribadi, saya kira tidak usah memikirkan nama domain terlalu dalam. Jadikan nama Anda sebagai domain sudah bagus. Itu menunjukkan brand name diri sendiri. Namun apabila kita akan membidik suatu keyword, kita harus memilih nama domain yang berhubungan dengan keyword tersebut.

Maksudnya seperti ini, apabila kita ingin menjual celana bayi di internet. Pembeli pasti akan mengetikkan kurang lebih kata “celana bayi yang bagus” di halaman pencarian Google. Nah, setidaknya pemilihan nama domain harus berisi kata tersebut agar situs kita terpajang di halaman pertama Google kan?

Namun apabila kita membuat situs dengan domain celanabayiyangbagus.com apakah menarik? Nama domain yang terlalu panjang akan susah diingat oleh calon pembeli atau calon pelanggan setia. Jadi perlu diperpendek nama domain tersebut, atau setidaknya memberi sedikit merk dagang kita dalam domain pilihan.

Misalnya dengan memilih domain celanabayi.com atau celanabayiku.com sudah sangat bagus untuk membidik keyword “celana bayi yang bagus”. Yang pertama tidak diberikan brand name kita sedangkan yang kedua diberi tambahan dua huruf yaitu “ku? agar konsumen tetap bisa mengingat merk toko online kita.

Nah, dalam memilih nama domain, setidaknya diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Semakin pendek kata, domain semakin bagus.
2. Diperlukan penyisipan merk dagang kita agar domain tetap bisa diingat pengunjung. (disarankan memilih merk yang unik).
3. Nama domain harus berhubungan dengan sesuatu yang akan kita tulis.

0 komentar:

Posting Komentar