Cara Upload WordPress dengan Filezilla

Setelah berhasil mengupload file WordPres dari menu File Manager yang memakan waktu sangat lama dan sering mengalami gagal upload di hosting gratisan 000webhost.com, saatnya sekarang menguploadnya dengan software FTP (File Transfer Protocol). Software FTP yang saya sarankan disini adalah memakai FileZilla. Lalu bagaimanakah cara upload WordPress dengan FileZilla ini? Ikuti langkah-langkah berikut..


Langkah-langkah upload WordPress via FileZilla pada awalnya sama dengan upload WordPress via File Manager, yaitu dengan cara login ke 000wehost.com dan masuk ke CPanel. Bedanya, disini tidak memilih menu File Manager melainkan memilih menu “View FTP Details” di samping File Manager.



upload file dengan filezilla (FTP account)

Klik "View FTP Detils"

Setelah mengklik FTP Details, nanti Anda akan mendapatkan informasi untuk login melalui software FTP (FileZilla) seperti di bawah ini:



informasi FTP yang harus dimasukkan FileZilla nantinya

informasi FTP yang harus dimasukkan FileZilla nantinya

Catat baik-baik informasi di atas, lalu klik FileZilla untuk download program FileZilla. Selesai mendownload FileZilla, silakan menginstallnya seperti menginstall program-program Windows lainnya.


Setelah FileZilla terinstall di komputer Anda, sekarang Anda tinggal menjalankannya. Tampilan FileZilla akan seperti ini apabila Anda memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengoperasian.



tampilan FileZilla

tampilan FileZilla

Terdapat banyak tombol di FileZilla, Anda bisa membacanya satu per satu dan menebak apa saja kegunaannya. Saya tidak akan menjelaskannya satu per satu karena yang penting dan wajib tahu hanya sedikit. :) Yang perlu diketahui adalah, kotak-kotak pada FileZilla tersebut. Kotak bagian kiri adalah file yang masih ada di komputer Anda, sedangkan bagian kanan adalah file di hosting gratisan 000webhost.


Setelah mempelajari tombol-tombol FileZilla yang lumayan banyak, sekarang fokuskan untuk melihat tombol yang saya lingkari diatas. Tombol paling kiri atas, klik saja dan nanti Anda disuruh memasukkan informasi FTP account yang telah Anda catat diatas, kemudian kalau sudah benar klik saja “Menghubungkan” atau “Connect”. Contohnya sebagai berikut:



masukkan informasi FTP pada FileZilla

masukkan informasi FTP pada FileZilla

Nah, apabila sukses terhubung, maka akan ada tulisan “Pendataan direktori berhsil” pada FileZilla. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari lokasi WordPress di komputer Anda. Pastikan file WordPress sudah diekstrak sebelum diupload via FileZilla. Oh iya, bagi yang belum download WordPress versi terbaru silakan download disini.



upload wordpress via filezilla

Pastikan sama seperti diatas..

Lokasi WordPress telah diketahui dan telah diekstrak. Pastikan lokasi pada kotak kanan sudah tertera pada folder public_html seperti gambar diatas. Lalu setelah semuanya benar, tinggal select all file WordPress yang ada di komputer Anda (kotak kiri), kemudian klik kanan, kemudian klik “Upload”. Tunggu proses ini hingga selesai.



Error Upload WordPress class-simplepie.php dan taxonomy.php


Pada saat saya mengupload file WordPress dengan FileZilla, ada dua error yang terjadi. Kedua file tersebut berukuran diatas 100kb dan saya upload berulang-ulang tidak bisa. Cara upload ulang pada FileZilla sebenarnya cukup mudah. Cukup melihat query yang ada di bawah FileZilla, ada berapa jumlah file yang berhasil diupload, yang gagal diupload, dan yang masih menunggu untuk diupload.



upload ulang via filezilla

Klik kanan, lalu upload ulang untuk file yang gagal diupload.

Namun sampai akhir, kedua file tersebut selalu tidak bisa saya upload via FileZilla. Pada akhirnya saya punya inisiatif untuk mengupload kedua file itu melalui file manager cpanel hosting. Sebelum upload, saya ubah menjadi file zip agar ukurannya menjadi lebih kecil. Lalu saya upload di foldernya yaitu folder /public_html/wp-includes/. Akhirnya proses upload selesai! :)



error upload wordpress

error upload wordpress

Pilihan tutorial berikutnya:


Mengaktifkan / Install WordPress

3 komentar:

{ Unknown } at: 4 Desember 2012 pukul 12.12 mengatakan...

bagaimana jika folder public_htm nya terhapus gan....
mohon pencerahannya,,,,
apakah itu berpengaruh pada upload_tan kita gan

{ Aden } at: 16 November 2014 pukul 02.13 mengatakan...

Saya jg pake Filezilla..ringan dan praktis.Dan saat ini sedang upload di subfolder...makasih tutorialnya

{ Unknown } at: 29 Mei 2017 pukul 03.16 mengatakan...

kalau saya udah berhasil upload tapi malah mengarah ke active acount bukan ke tampilan web saya itu gimana ya apa nya yang salah

Posting Komentar