Cara Upload WordPress di Hosting & Domain Gratis co.cc

Setelah berbincang-bincang sedikit dalam menjelaskan WordPress di artikel “Membuat Website Gratis dengan WordPress”, sekarang kita akan praktek membuat website gratis.


Pastikan sudah memiliki domain gratis co cc yang sudah di set dengan benar name servernya dan hosting gratis 000webhost. Setelah mendapatkan keduanya pastikan juga domain-hosting sudah terhubung. Caranya yaitu dengan membuka alamat domain Anda pada browser. Misalkan alamatnya dota2.co.cc, maka yang terbuka seperti ini:



memastikan domain-hosting telah terhubung

Domain-hosting telah terhubung.

Setelah domain-hosting telah berhasil terhubung, silakan login ke 000webhost.com dan masuk ke cPanel website yang akan diinstall. Misalkan disini saya akan membuat website dengan alamat dota2.co.cc, berikut screenshotnya:



Masuk ke cPanel

Masuk ke cPanel

Di dalam cPanel, terdapat berbagai macam menu. Namun hanya sedikit yang perlu Anda perhatikan untuk menginstall script WordPress.  Menu tersebut diantaranya File Manager, Another File Manager, dan MySQL.


File Manager dan Another File Manager: untuk upload WordPress, delete file, mengatur file permission, dsb. Perlu diketahui bahwa website memerlukan data-data, data tersebut disimpan di dalam sebuah hard disk yang hampir sama dengan HD komputer Anda. Namun bedanya data tersebut bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia karena terhubung dengan jaringan internet global. Nah, pengaturan data-data sebuah website menggunakan File Manager ini hampir sama dengan pengaturan file di komputer Windows dengan menggunakan program Windows Explorer.


MySQL: untuk menambah database, edit database, dsb. MySQL untuk keperluan server nantinya.



Tampilan menu CPanel 000webhost.com

Tampilan menu CPanel 000webhost.com

Langkah pertama menginstall WordPress


Untuk menginstall script WordPress, sebelumnya diperlukan upload script ke hosting Anda. Namun sebelum itu Anda tentu saja harus download file script WordPress terbaru. Setelah selesai download script WordPress, silakan masuk ke file manager 000webhost.com dan masuk ke folder public_html.



untuk instal WordPress, masuk ke folder public_html

masuk ke folder public_html

Hapus semua file yang ada di dalam folder public_html. Ingat, file yang ada di “dalam”, bukan .ftpquota dan DO NOT UPLOAD HERE seperti diatas. Setelah masuk dan delete file, silakan upload script WordPress.zip yang baru di download tadi.



Tips upload file WordPress melalui File Manager:


Ekstrak dahulu file WordPress.zip yang baru di download tadi. Program untuk mengekstrak file zip gratis yang menurut saya sangat bagus adalah 7-zip. Setelah ekstraksi, nanti akan muncul folder dengan nama “wordpress” dan berisi bermacam-macam file.



mengekstrak file wordpress.zip

mengekstrak file wordpress.zip

wordpress hasil ekstraksi

wordpress hasil ekstraksi

Setelah ekstrak file, masuk ke dalam folder wordpress hasil ekstraksi. Apabila koneksi internet Anda cepat, tak usah melakukan langkah berikut, yaitu memasukkan ke dalam zip dalam ukuran yang lebih kecil lagi (memecahnya menjadi 4 bagian). Disini koneksi internetnya kurang cepat sehingga saya mengalami kesulitan dalam upload file.



pecah file menjadi  zipkecil2

pecah file menjadi zip kecil2

upload file wordpress

upload file wordpress satu per satu pada bagian Archives (zip, tar, tgz, gz)

Silakan upload pada bagian Archives (zip, tar, tgz, gz) seperti gambar diatas.



klik centang hijau

klik centang hijau untuk proses upload

Tunggu hingga seluruh proses selesai. Namun apabila proses selalu gagal, ada baiknya Anda mencoba upload file WordPress dengan metode FTP, yaitu menggunakan software FileZilla. Apabila proses upload selesai, tinggal langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan WordPress.



Semua file WordPress telah selesai diupload

Semua file WordPress telah selesai diupload

Pilihan artikel selanjutnya:




  1. Cara upload WordPress dengan FTP FileZilla (bagi yang masih gagal dalam upload file wordpress).

  2. Cara mengaktifkan / install WordPress (bagi yang teah berhasil upload).

1 komentar:

{ sutopo } at: 5 Maret 2015 pukul 07.01 mengatakan...

Panduan tutorial yang lengkap ...!
terima kasih mas sudah sharing dan berbagi informasinya.

Posting Komentar