Cara Install WordPress di Domain Co.CC dan Hosting 000webhost

Setelah berhasil upload semua file WordPress (baik upload via File Manager atau upload via FileZilla) ke hosting gratis 000webhost, sekarang tinggal menginstall atau mengaktifkannya sehingga website gratisan Anda bisa diakses dari seluruh dunia. Berikut cara menginstall WordPress di domain dan hosting gratis.



Langkah Pertama Menginstall WordPress


Saya anggap Anda sudah berhasil upload file WordPress ke hosting gratisan, sekarang login lagi ke cPanel hosting Anda. Setelah masuk cPanel, silakan pilih menu MySQL yang ada di sekitar tengah menu-menu cPanel.



install wordpress - menu MySQL

Pilih menu MySQL

Setelah memilih menu MySQL, maka Anda akan dibawa pada halaman seperti berikut:



buat akun MySQL dan catat baik-baik

buat akun MySQL dan catat baik-baik

Buatlah akun MySQL seperti gambar diatas. Isilah kolom password dengan perpaduan huruf dan angka (wajib). Lalu klik “Create database” yang ada di bawahnya. Selanjutnya Anda akan dibawa pada halaman informasi MySQL yang baru saja Anda buat. Ingat baik-baik informasi ini, atau tidak usah ditutup dahulu tab informasi tersebut.



Simpan informasi MySQL

Simpan informasi MySQL Anda

Apabila langkah diatas sudah berhasil dilakukan, kini masuk ke langkah kedua.



Langkah Kedua Menginstall WordPress


Pada langkah kedua ini, silakan Anda kembali ke cPanel dan masuk ke menu File Manager. Buka folder public_html dan cari file yang namanya “wp-config-sample.php” kemudian klik edit.



Edit file wp-config-sample.php

Edit file wp-config-sample.php

Tombol edit ada di sebelah kanan. Setelah Anda klik tombol edit, Anda akan melihat kode-kode yang mungkin asing bagi Anda yang baru mengenal bahasa pemrograman. Namun langkah kedua ini sangat mudah kok, tinggal berbekal data MySQL yang telah dibuat pada langkah pertama tadi dan mengedit sebagian kode yang ada dalam file wp-config-sample.php ini.


Baiklah, sekarang saya akan memberitahu kode apa saja yang akan dirubah dalam file wp-config-sample.php ini. Kodenya seperti berikut:



kode wp-config.php

Pelajari kode diatas, sinkronkan dengan langkah pertama

Ada empat yang harus dirubah yaitu isian kode setelah DB_NAME, DB_USER, DB_PASSWORD, dan terakhir DB_HOST. Rubahlah sesuai dengan data yang ada pada langkah pertama instalasi WordPress tadi, jangan lupa tetap menyertakan tanda centang tunggal (‘bla bla bla’). Setelah selesai mengeditnya, sekarang klik save (klik ikon disket di pojok kiri atas).


Setelah itu, tinggal merubah nama (rename) wp-config-sample.php menjadi wp-config.php saja. Jadi tinggal menghilangkan “-sample” saja lalu klik centang hijau untuk menyetujui perubahan nama. Tombol rename ada di sebelah kanan atas, namun centang dahulu file yang akan di rename, dalam kasus ini centanglah file wp-config-sample.php.



rename wp-config-sample.php

tombol rename, centang dulu file wp-config-sample.php, kemudian klik tombol "Rename"

Setelah file wp-config-sample.php sudah diubah namanya menjadi wp-config.php, sekarang tinggal membuka tab baru pada browser Anda dan mengetikkan alamat domain gratisan Anda. Disini contohnya saya membuat dota2.co.cc, maka saya membukanya di browser Mozilla dan nampak seperti ini:



install wordpress berhasil

install wordpress berhasil, tinggal mengisi informasi website Anda

Isilah kotak-kotak diatas sesuai dengan yang Anda inginkan. Kalau contoh milik saya diatas karena membuat situs tentang DotA2 (game), maka saya mengisi Site Title (nama situs) “DotA2 News and Updates”. Kemudian isi kolom username dan password sesuai selera. Isi juga kolom email dengan alamat email Anda. Terakhir klik tombol “Install WordPress” di bawahnya.



wordpress berhasil diinstall

wordpress berhasil diinstall, klik untuk memperbesar gambar

Sampai disini Anda sudah berhasil menginstall WordPress. SELAMAT! Untuk selanjutnya akan saya tuliskan apa yang harus dilakukan saat website sudah jadi, apa menginstall plugin, merubah tampilan, cara posting artikel baru, membuat halaman baru, dan lain sebagainya.


Kalau Anda menganggap artikel ini bermanfaat, silakan share ya!

0 komentar:

Posting Komentar