Membuat Website Gratis dengan WordPress

Setelah berhasil mendaftar domain gratis dan hosting gratis, kini Anda sebenarnya sudah bisa membuat website gratis karya Anda sendiri loh. Namun jangan senang dulu, kan websitenya belum ada isinya, desainnya juga belum bagus. Jadi untuk tutorial kali ini, saya akan menuliskan bagaimana membuatnya menjadi bagus, enak dipandang (terlihat layaknya website profesional), dan memiliki konten-konten sesuai dengan keinginan Anda.


Bagi Anda yang baru nyasar ke sini dan langsung masuk ke artikel ini, silakan baca dahulu artikel-artikel penting sebelumnya yang dibutuhkan untuk membuat website gratis sendiri ya? Berikut linknya:


1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website?


2. Cara mendapatkan domain gratis.


3. Cara mendapatkan hosting gratis.


Nah, bagi yang sudah paham betul langkah-langkah diatas, selanjutnya kita akan membahas penginstallan WordPress sebagai ‘mesin penopang’ utama website gratisan Anda nanti.



Membuat Website Sendiri dengan WordPress


Kenapa memakai WordPress? Bukankah WordPress merupakan suatu blog?

Baik, sebelum melangkah ke cara pembuatan website, saya akan menjelaskan sedikit tentang jawaban kedua pertanyaan diatas. WordPress sebelumnya memang digunakan sebagai alat untuk mengedit blog, misalnya menganti tampilan yang menarik, mengisi artikel-artikel, dan dikenal sebagai blog platform. Namun dalam perkembangan antara blog dan website itu sendiri, pengertian keduanya menjadi bias. Tidak ada batasan yang pasti antara website dan blog, dan pada akhirnya saya sendiri menganggap website itu adalah blog yang jarang update (ini menurut saya sendiri loh, kalau menurut Anda bagaimana?).


Pada perkembangannya, kini WordPress sangat terkenal dan digunakan oleh berbagai pihak. Misalnya merk-merk terkenal yang menggunakan WordPress sebagai alat untuk mengupdate website resmi mereka adalah:




dan masih banyak lagi, silakan cek lainnya di sini.


Selain itu, WordPress sangat baik kualitas SEO-nya dan sangat mudah digunakan. SEO istilah mudahnya adalah: agar muncul nomor satu di Google search. Masih banyak lagi alasan-alasan mengapa harus memakai WordPress sebagai mesin utama website, hingga salah satu internet marketer bernama George Brown menyebutnya “gifted from God” untuk urusan kualitas.


Lalu bagaimana cara membuat website gratis dengan WordPress? Ups, karena posting ini ternyata kepanjangan, akan saya tulis pada artikel selanjutnya saja. Namun pastikan sudah mendaftar domain gratis co cc dan hosting gratis 000webhost.com ya! Juga sekalian download file installer WordPress versi terbaru!


Sampai jumpa pada artikel selanjutnya! ;-)


Pilihan artikel selanjutnya:


Cara upload script WordPress ke hosting gratis.

0 komentar:

Posting Komentar