Menginstall Printer Canon iP1980 di Karmic

Panduan ini untuk menjawab problem rekan-rekan yang kebingungan saat menginstall driver printer Canon iP1900 di Ubuntu. Panduan ini juga bisa digunakan untuk anda yang menggunakan ubuntu versi sebelum Ubuntu 9.10 Karmic Koala.


Langsung saja, langkah demi langkah instalasinya:




  1. Download driver printer iP1900 dari link berikut http://software.canon-europe.com/products/0010647.asp

  2. Ekstrak file yang anda dapatkan, milik saya iP1900_debian_printer.tar, hasilnya file cnijfilter-common-xx dan cnijfilter-iP1900series-xx dan satu paket cnijfilter-common-xx-tar.gz

  3. Install paket deb-nya menggunakan dpkg melalui terminalsudo dpkg -i *.debatau satu-satu menggunakan gdebi dengan urutan cnijfilter-common pertama.

  4. Nyalakan printer Canon iP1980 anda dan colokkan ke PC/Laptop

  5. Jalankan System > Administration > Printing, tambahkan printer baru dengan mengklik New

  6. Wizard akan mendeteksi dan bahkan, jika anda menggunakan Ubuntu 9.10 Karmic, anda tidak perlu mengklik apapun, cukup colokkan printer yang sudah menyala, tiba-tiba anda mendapatkan pesan di pojok kanan atas anda (tray), bahwa printer sudah siap digunakan! Wah, cool!


Bahasan selanjutnya untuk anda yang mengalami masalah instalasi dengan dependensi libcupsys2 dan yang menggunakan Ubuntu AMD 64.


Problem libcupsys2 di Karmic


Biasanya, untuk ubuntu versi sebelum 9.10/Karmic (yang masih menggunakan libcupsys2 – di Karmic, libcupsys2 diganti libcups), relatif tidak ada masalah.


Jika anda menggunakan Ubuntu 9.10, install paket libcupsys2 sebelum mengginstall driver printer. Paket libcupsys2 dapat anda download dari http://security.ubuntu.com/ubuntu/pool/universe/c/cups/libcupsys2_1.3.9-17ubuntu3.1_all.deb.


Problem di Ubuntu 9.10 AMD 64 (Karmic 64 Bit)


Ada satu lagi masalah yang cukup membingungkan, karena ketidaktahuan saya mengenai opsi perintah dpkg. Driver printer yang saya download (dan akan anda dapatkan) hanya tersedia untuk arsitektur i386 (32 bit), jadi untuk anda yang menggunakan versi 64 bit, harus menginstall dengan opsi –force-architecture, selengkapnya:


sudo dpkg –force-architecture -i cnijfilter-xxx


Ok, itu saja dari saya, semoga bermanfaat.


Resources (many thanks for you all there):
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1305248

1 komentar:

Posting Komentar