Menggabungkan Repository DVD Menjadi Satu Repository

Artikel ini sekalian menjadi laporan saya untuk mas Fajran yang telah berbaik hati menjawab pertanyaan saya melalui facebook. Berikut transkrip percakapannya (versi sensor):


Saya ingin bertanya bagaimana merekontruksi Repo lokal Lucid i386 yang sudah saya kopi dari file isonya ke dalam folder tersendiri, tetapi saat saya gunakan dan reload/update prosesnya berhenti di kisaran 90%.
Mungkin ada file yg hilang atau informasi paketnya tidak utuh/corrupt. Saya gak bisa mengkopi ulang karena isonya sudah saya hapus.


Pertanyaan saya, bagaimana:
1. Memastikan kopian saya sama dengan Repo Online, baik struktur maupun file2nya. Sekalian mendowload yang kurang. Pakai debmirror bisa? Kalau bisa caranya bagaimana? :-)
2. Saya berniat menjadikannya 1 repo yg utuh, apakah bisa mengkopi informasi paket dari repo online dan menggunakannya?


Yang dijawab adalah pertanyaan saya yang no 2, jawabannya:


gabung isi pool, lalu download isi dists nya..


$ mkdir -p target/pool/
$ rsync -avH /mnt/pool/ target/pool/ # ulangi tuk semua iso yg ada


trus download kambing.ui.ac.id/ubuntu/dists/lucid/*/binary-i386/Packages.gz ke direktori yg sesuai, yaitu target/dists/lucid/*/binary-i386/


ganti tanda * di atas menjadi main, universe, multiverse, dan restricted


Gimana ngerti gak? Ok ini langkah-langkah saya:




  1. Buat dulu direktori kerja, RepoLucid
    mkdir -p RepoLucid/pool

    Pastikan space yang tersedia cukup, kira-kira 35 Gb-an. Perintah diatas akan membuat direktori RepoLucid sekaligus direktori pool di dalamnya.

  2. Mount File ISO dan Kopi Isi Direktori Poolnya ke RepoLucid/pool
    sudo mount file-iso-repo-1.iso  /media/
    rsync -avH /media/pool /home/amrinz/RepoLucid/pool

    Ulangi prosedur di atas dengan mengganti sumber file isonya. Ulangi sampai file iso ke-8 terkopi.

  3. Download File Indeks paket dari Repository Internet
    mkdir -p RepoLucid/dists/lucid/main/binary-i386
    cd RepoLucid/dists/lucid/main/binary-i386
    wget -c http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/dists/lucid/main/binary-i386/packages.gz
    cd /home/amrinz

    Perintah di atas akan membuat direktori baru dengan nama dists dan seterusnya di RepoLucid, kemudian pindah ke diretori binary-i386 lalu meng-kopi indeks file Packages.gz dan menyimpannya di sana. Terakhir, kita kembali ke direktori home kita.Ulangi rangkaian perintah di atas dengan mengganti direktori main dengan restricted, universe dan multiverse.


Nah, dengan cara menggabungkan ke-8 file ISO/DVD Repository kita menjawab permasalahan kurangnya device loop saat harus memount file iso, karena device loop terbatas hanya 8 buah saja.


Sedangkan, saya dengar, file ISO untuk Maverikc adalah 9 file ISO.


Cara Penggunaan Repository


Copy dan paste baris berikut ke file /etc/apt/sources.list



deb file:///home/amrinz/RepoLucid/ lucid main restricted universe multiverse

Atau System >> Administration >> Software Sources

0 komentar:

Posting Komentar