Bahasa Korea [Pemula 1 Bagian 5]

Pola Kalimat


-싶다 (ingin)


Menyatakan keinginan


사과를 먹 어요 (Ingin makan apel)


-싶지 않다 (tidak ingin)


Menyatakan ke-tidak ingin-an


만나 싶지 아요 (Tidak ingin bertemu)


-싶어 하다 (ingin melakukan)


Menyatakan keinginan untuk melakukan sesuatu


집에 가 십어해요 (Ingin pergi [pulang] ke rumah)


-싶어 하지 않다 (tidak ingin melakukan)


Menyatakan ke-tidak ingin-an untuk melakukan sesuatu


라면을 먹 싶지 아요 (Tidak ingin makan ramen)


-(아/어/여) 보다


Meminta seseorang untuk mencoba melakukan sesuatu


이 구두를 신 세요 (Silakan mencoba sepatu ini)


전화 세요 (Silakan menelepon)


Mengungkapkan pengalaman


저는 인도네시아에 어요 (Saya pernah pergi ke Indonesia)


-(아/어/여) 보이다 (terlihat; kelihatan; nampak)


우시 지 예요 (Pakaian ini terlihat kecil)


한국음식이 맛있 예요 (Makanan Korea terlihat enak)


-(와/과)  같이 atau 하고 같이 (bersama; dengan)


친구 같이 영행했어요 (Pergi bertamasya bersama teman)


선생님 같이 의논했어요 (Berdiskusi dengan guru)


남동생 하고 같이 살아요 (Tinggal bersama adik laki-laki saya)


-(아/어/여) 주다  atau  -(아/어/여) 드리다 (melakukan sesuatu untuk orang lain)


이갓을 읽 세요 (Tolong bacakan ini)


내가 도 게요 (Saya akan membantumu)


내가 도 드리겠어요 (Saya akan membantumu)


* menggunakan드리다 lebih sopan daripada주다


-(으)시다 atau -(으)십시오 atau -


Menyatakan ajakan. -(으)시다 bentuk informal, -(으)십시오 bentuk formal, dan -자 bentuk sederhana


십시오 (Silakan datang)


으십시오 (Silakan baca)


빨리 갑시다 (Ayo cepat pergi)


오늘 만나 (Ayo bertemu hari ini)


-(으)거이다 (akan)


Mengungkapkan rencana yang akan dilakukan atas keinginan sendiri


저는 내일 이사를 예요 (Saya besok akan pindah)


지금 점심 먹 예요 (Saya akan makan sekarang)


-(으)게요 (akan melakukan)


Mengungkapkan rencana yang akan dilakukan berdasarkan pertimbangan dari orang lain


제가 게요 (Saya akan melakukannya)


제가 먹 게요 (Saya akan makan)


-(으)까요 (akankah; mungkinkah)


Menyatakan kemungkinan yang akan terjadi


우리 거기에서 만 까요? (Akankah kita bertemu di sana?)


-(으)있다 (bisa melakukan)


어요 (Bisa pergi)


었어요 (Bisa bertemu)


-(으)없다 (tidak bisa melakukan)


었어요 (Tidak bisa makan)


-(으)려고 하다 (berencana untuk melakukan )


불고기를 먹으려고 요 (Saya berencana makan bulgogi)


-알다 (tahu cara untuk melakukan)


피아노를 아요 (Tahu cara bermain piano)


-모르다 (tidak tahu cara untuk melakukan)


피아노를 몰라요 (Tidak tahu cara bermain piano)


-말다 (jangan melakukan)


Menyatakan larangan


제발 울지마요 (Tolong jangan menangis)


만나 시다 (Ayo jangan bertemu)


-겠- (akan)


요즘 많이 바쁘어요 (Saya kira akan sangat sibuk)


0 komentar:

Posting Komentar