Bahasa Korea [Pemula 1 Bagian 3]

Kalimat Tanya


Impolite


Menggunakan akhiran -아/어/ (dengan menaikkan nada bicara) atau menggunakan akhiran - (untuk bertanya pada orang yang lebih dihormati)


밥을 먹었? (Sudah makan nasi?)


어디 ? (Pergi ke mana?)


Informal Polite


Menggunakan akhiran -(아/어/여) (dengan menaikkan nada bicara)


학교에 가요? (Pergi ke sekolah?)


Formal Polite


Menggunakan akhiran -ㅂ니까 bila kata berakhiran vokal dan -습니까 bila kata berakhiran konsonan


갑니까? (Pergi?)


먹습니까? (Makan?)


Kalimat Bentuk Lampau


Menggunakan pra akhiran -(았/었/였)- dan akhiran - pada kalimat impolite, akhiran -어요 pada kalimat informal polite, dan akhiran -습니다 pada kalimat formal polite.


오다: 오 + 았 + 어 -> 어 (sudah datang)


먹다: 먹 + 었 + 어요 -> 먹어요 (sudah makan)


노래하다: 노래하 + 였 + 습니다 -> 노래습나다 (sudah bernyanyi)


Partikel


-에: di; ke; pada


도서관 가요. (Pergi ke perpustakaan)


한시 만나요. (Bertemu pada jam 1)


-에서: di; dari (asal)


인도네시아에서 왔어요. (Datang dari Indonesia)


-도: juga


먹고 싶어요. (Saya juga ingin makan)


-보다: lebih… daripada…


한국말이 영어보다 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit daripada Bahasa Inggris)


더: lebih…


한국말이 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit)


제일 atau 가장: paling


그 사람은 제일 예뻐요. (Dia yang paling cantik)


이게 가장 작은 연필이에요. (Ini pensil yang paling pendek)


-부터: dari; sejak; mulai (titik awal)


여기부터 읽으세요. (Silakan baca dari sini)


-까지: sampai; hingga (titik akhir)


어디까지 갔어요? (Pergi sampai mana?)


-한테: untuk (orang)


나 친구한테 주었습니다. (Saya memberikan itu untuk teman saya)


-한테서: dari (orang)


어머니한테서 들었습니다. (Saya mendengar dari ibu saya)


0 komentar:

Posting Komentar